20 Cara Menggunakan Snipping Tool untuk Meningkatkan Produktivitas Anda : Teknovidia.com

Halo semuanya! Apakah Anda sering merasa kesulitan untuk memotong gambar atau teks di layar komputer Anda? Mungkin Anda perlu menggunakan “snipping tool”! Dalam artikel ini, kita akan membahas 20 cara penggunaan snipping tool untuk meningkatkan produktivitas Anda.

1. Apa itu Snipping Tool?

Snipping tool adalah aplikasi bawaan di Windows yang memiliki kemampuan untuk memotong gambar atau teks langsung dari layar komputer. Dengan menggunakan snipping tool, Anda dapat dengan mudah membuat tangkapan layar dan menyimpannya dalam berbagai format file seperti PNG, JPEG, atau GIF.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah snipping tool hanya tersedia di Windows? Ya, snipping tool hanya tersedia di sistem operasi Windows.
Apakah saya perlu menginstal software tambahan untuk menggunakan snipping tool? Tidak, snipping tool sudah terpasang secara default di Windows.
Apakah snipping tool gratis digunakan? Ya, snipping tool adalah aplikasi bawaan Windows yang dapat digunakan secara gratis.

2. Menemukan Snipping Tool di Windows

Untuk menemukan snipping tool, cukup cari pada search bar di menu start. Atau, Anda dapat menemukannya dengan cara klik tombol “Start” lalu cari “Snipping Tool” pada kolom search.

3. Menggunakan Snipping Tool untuk Tangkapan Layar Penuh

Jika Anda ingin membuat tangkapan layar penuh, cukup buka snipping tool dan pilih opsi “Full-screen snip”. Setelah itu, snipping tool akan mengambil gambar seluruh layar Anda. Anda dapat menyimpan gambar tersebut ke dalam format file yang Anda inginkan.

4. Menggunakan Snipping Tool untuk Tangkapan Layar Sebagian

Jika Anda hanya ingin membuat tangkapan layar sebagian, Anda dapat memilih opsi “Rectangular snip” atau “Free-form snip”. Dengan opsi “Rectangular snip”, Anda dapat membuat kotak di sekitar area yang ingin Anda potong. Sedangkan dengan opsi “Free-form snip”, Anda dapat menggambar garis bebas di sekitar area yang ingin Anda potong.

5. Menggunakan Snipping Tool untuk Membuat Anotasi pada Gambar atau Teks

Snipping tool tidak hanya dapat digunakan untuk memotong gambar atau teks, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat anotasi pada gambar atau teks yang sudah ada. Dengan menggunakan opsi “Pen”, “Highlighter”, atau “Eraser”, Anda dapat menambahkan catatan atau menyoroti bagian penting pada gambar atau teks.

6. Menggunakan Snipping Tool untuk Membuat Screenshot dengan Timer

Jika Anda ingin membuat screenshot dengan waktu tertentu, snipping tool juga memiliki opsi “Delay” yang dapat membantu Anda. Dengan opsi ini, Anda dapat menentukan waktu jeda seperti 1, 2, atau 5 detik sebelum snipping tool mengambil snapshot layar.

7. Menggunakan Snipping Tool untuk Memotong Gambar Berputar

Jika Anda ingin memotong gambar yang berputar, Anda dapat menggunakan opsi “Rotate”. Dengan opsi ini, Anda dapat memutar gambar hingga 90 derajat ke kiri atau kanan, atau memiringkannya hingga 180 derajat.

8. Menggunakan Snipping Tool untuk Menambahkan Efek pada Gambar

Snipping tool juga memiliki opsi “Color” yang dapat memberikan efek pada gambar yang sudah diambil. Anda dapat memilih efek seperti “Grayscale” atau “Invert” untuk memberikan nuansa yang berbeda pada gambar Anda.

9. Menggunakan Snipping Tool untuk Menyimpan Gambar ke Dropbox atau Google Drive

Jika Anda ingin menyimpan gambar ke cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive, snipping tool dapat membantu Anda. Setelah Anda membuat tangkapan layar, cukup klik opsi “Save As” dan pilih folder di Dropbox atau Google Drive Anda untuk menyimpan gambar tersebut.

10. Menggunakan Snipping Tool untuk Membuat Gambar Aplikasi

Jika Anda ingin membuat gambar aplikasi yang bagus, Anda dapat menggunakan snipping tool. Dengan opsi “Window snip”, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda ambil screenshotnya.

11. Menggunakan Snipping Tool untuk Membuat Gambar Web

Jika Anda ingin membuat gambar web yang bagus, Anda dapat menggunakan snipping tool. Dengan opsi “Full-screen snip”, Anda dapat membuat tangkapan layar dari seluruh halaman web.

12. Menggunakan Snipping Tool untuk Membuat Tutorial

Snipping tool dapat digunakan untuk membuat tutorial. Anda dapat membuat tangkapan layar dari langkah-langkah yang diperlukan, dan menambahkan anotasi atau catatan pada gambar atau teks tersebut.

13. Menggunakan Snipping Tool untuk Membuat Presentasi

Jika Anda ingin membuat presentasi yang menarik, Anda dapat menggunakan snipping tool. Dengan opsi “Free-form snip”, Anda dapat memotong bagian-bagian penting dari presentasi Anda dan menambahkan teks atau anotasi pada gambar tersebut.

14. Menggunakan Snipping Tool untuk Menyimpan Hasil Pencarian

Jika Anda ingin menyimpan hasil pencarian atau informasi yang ditemukan di internet, Anda dapat menggunakan snipping tool. Dengan opsi “Rectangular snip”, Anda dapat memotong bagian-bagian penting dari informasi tersebut dan menyimpannya sebagai gambar.

15. Menggunakan Snipping Tool untuk Membuat Catatan

Snipping tool dapat digunakan untuk membuat catatan. Anda dapat membuat tangkapan layar dari informasi yang Anda butuhkan, dan menambahkan catatan atau anotasi pada gambar tersebut.

16. Menggunakan Snipping Tool untuk Membuat Gambar untuk Media Sosial

Jika Anda ingin membuat gambar yang menarik untuk media sosial, Anda dapat menggunakan snipping tool. Dengan opsi “Rectangle snip”, Anda dapat memilih bagian-bagian penting dari gambar yang ingin Anda unggah, dan menambahkan teks atau anotasi pada gambar tersebut.

17. Menggunakan Snipping Tool untuk Membuat Screenshot untuk Artikel

Snipping tool juga dapat digunakan untuk membuat screenshot yang menarik untuk artikel. Anda dapat membuat tangkapan layar dari halaman web atau informasi yang berkaitan dengan artikel tersebut, dan menambahkan anotasi atau teks pada gambar tersebut.

18. Menggunakan Snipping Tool untuk Memotong Gambar dari Video

Jika Anda ingin memotong gambar dari video, Anda dapat menggunakan snipping tool. Dengan opsi “Rectangular snip”, Anda dapat memilih bagian-bagian penting dari video tersebut dan menyimpannya sebagai gambar.

19. Menggunakan Snipping Tool untuk Menyimpan Salinan Gambar

Snipping tool dapat digunakan untuk menyimpan salinan gambar dari dokumen atau buku. Anda dapat membuat tangkapan layar dari bagian-bagian penting dari dokumen tersebut dan menyimpannya sebagai gambar.

20. Menggunakan Snipping Tool untuk Membuat Infografis

Jika Anda ingin membuat infografis yang menarik, Anda dapat menggunakan snipping tool. Dengan opsi “Free-form snip”, Anda dapat membuat bentuk-bentuk unik untuk digunakan dalam infografis Anda.

Itulah 20 cara penggunaan snipping tool untuk meningkatkan produktivitas Anda! Semoga artikel ini membantu Anda untuk bekerja lebih efektif dan efisien.

Sumber :