Cara Tayamum yang Benar : editoronline.co.id

 

 

Salam dan Pengantar

Halo semua! Selamat datang di artikel jurnal ini yang akan membahas tentang cara tayamum yang benar. Dalam agama Islam, tayamum adalah alternatif wudhu ketika tidak ada air yang dapat digunakan. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari langkah-langkah tayamum yang benar serta menjawab beberapa pertanyaan umum seputar proses ini. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Pengertian Tayamum

Tayamum adalah salah satu ibadah dalam Islam yang dilakukan sebagai pengganti wudhu atau mandi ketika tidak ada air yang tersedia atau ketika penggunaan air bisa membahayakan kesehatan. Dalam tayamum, digunakan bahan dasar bersih seperti tanah, debu, pasir, atau batu untuk membersihkan diri. Berikut adalah langkah-langkah tayamum yang benar:

1. Niat dan Niat Tertulis

Sebelum melakukan tayamum, pastikan untuk berniat dalam hati bahwa Anda melakukan tayamum sebagai pengganti wudhu atau mandi. Anda juga dapat membuat niat tertulis agar semakin jelas dalam menjalankan ibadah ini.

2. Mencari Bahan Dasar

Cari bahan dasar yang digunakan untuk tayamum, seperti tanah yang bersih atau debu yang tidak terkontaminasi. Pastikan bahan tersebut bebas dari najis.

3. Membersihkan Bahan Dasar

Setelah mendapatkan bahan dasar, bersihkan bahan tersebut dari kotoran atau najis yang terdapat di permukaannya. Pastikan bahan dasar tersebut dalam keadaan bersih dan siap digunakan.

4. Menepuk Bahan Dasar

Ketuk atau tepuk bahan dasar tersebut dengan tangan yang bersih, kemudian sapukan tangan tersebut ke wajah dengan gerakan yang lembut. Lakukan hal ini sebanyak satu kali.

5. Menepuk Kedua Tangan

Lakukan gerakan yang sama pada kedua tangan. Ketuk atau tepuk kedua tangan tersebut ke bahan dasar, kemudian sapukan tangan ke tangan yang lainnya secara bergantian. Ulangi gerakan ini sebanyak satu kali pada setiap tangan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan Jawaban
Apa itu tayamum? Tayamum adalah ibadah pengganti wudhu atau mandi ketika tidak ada air yang tersedia atau dapat membahayakan kesehatan.
Apa yang digunakan dalam tayamum? Dalam tayamum, digunakan bahan dasar bersih seperti tanah, debu, pasir, atau batu untuk membersihkan diri.
Apakah tayamum bisa digunakan setiap saat? Tayamum dapat digunakan ketika tidak ada air yang dapat digunakan atau ketika penggunaan air membahayakan kesehatan.
Apakah tayamum menggantikan wudhu? Ya, tayamum berfungsi sebagai pengganti wudhu atau mandi ketika tidak ada air yang tersedia atau dapat digunakan.
Apakah tayamum bisa digunakan untuk semua ibadah? Tayamum dapat digunakan untuk ibadah-ibadah tertentu seperti salat, membaca Al-Qur’an, dan sebagainya.

Sumber :